Minggu, 10 Januari 2010

Rahasia Kesehatan Anggur Merah / Red Wine.

Para ilmuwan sudah mengetahui bahwa minum anggur merah dalam jumlah sedang adalah baik untuk kesehatan. Sekarang mereka menjelaskan mengapa.

Anggur Merah
Penelitian baru mengungkapkan rahasia pencegahan penyakit adalah polifenol yang disebut resveratrol, salah satu komponen dalam anggur merah yang tampaknya untuk meningkatkan kesehatan. Walaupun manfaatnya telah diketahui bertahun-tahun, para peneliti tidak yakin bagaimana Polifenol, dan resveratrol khususnya, bekerja di dalam tubuh.

"Luasnya manfaat yang luar biasa - pencegahan kanker, perlindungan terhadap jantung dan otak dari kerusakan, mengurangi penyakit yang berhubungan dengan usia, seperti radang, diabetes dan kegemukan, dan masih banyak lagi," kata Lindsay Brown, seorang profesor dari School of Biomedical Sciences di Universitas Queensland di Australia dan co-author dari studi yang akan muncul di September persoalan Alcoholism: Clinical & Experimental Research.

Red wine
Brown mengarakan bahwa ilmuwan mulai memahami bagaimana resveratrol bekerja. Mekanisme yang mungkin termasuk:

* Dosis tinggi senyawa ini dapat mencegah kanker dengan meningkatkan proses apoptosis (kematian sel terprogram).
* Dosis rendah meningkatkan kesehatan jantung dengan meningkatkan perlindungan selular dan mengurangi kerusakan.
* Resveratrol dapat membantu menghilangkan oksidan sangat reaktif di dalam tubuh dan meningkatkan pasokan darah ke sel.

Ilmuwan juga mempelajari bagaimana tubuh menyerap resveratrol ke dalam aliran darah, karena komponen ini diinaktivasi terutama di usus dan hati.

"Sebagian besar resveratrol dalam anggur merah tidak mencapai sirkulasi darah," Stephen Taylor, seorang profesor farmakologi di Universitas Queensland."Menariknya, penyerapan melalui membran mukosa di dalam mulut dapat menghasilkan sampai sekitar 100 kali lebih tinggi kadar dalam darah, bila dilakukan dengan diminum secara lambat daripada langsung diteguk."

6 komentar:

  1. mas numpang tanya. kalo red wine yg tersebar di indonesia bagaimana mas yg cap orang tua? apakah itu sama saja ?

    BalasHapus
  2. hmmm itu juga bagus kok tapi hati2 kalo kebanyakan jadi NGABLU.....hahahahahah

    BalasHapus
  3. ngablu apa tuh mas? hmm oke deh nanti saya coba.. mungkin baik juga untuk kesehatan, saya belum pernah mencoba anggur merah soalnya mas.. saya kurang suka minuman seperti itu.. heheh

    BalasHapus
  4. ngablu itu seperti setengah sadar. itu bahasa yang anak-anak muda pakai sekarang untuk mengganti kata mabuk... yaa cobalah sekali sekali untuk kesehatan seperti yang saya anjurkan ;)

    BalasHapus
  5. apakah anda telah mencobanya? saya takut ini bermasalah..

    BalasHapus
  6. @baby
    saya sudah mencobanya tapi anggur merah cap ortu,tp biasanya org yg minum emg yg di cari mabok nya bukan sehatnya,, CMIIW

    BalasHapus